Penyelesaian statistika dasar

Berdasarkan hasil ujian mhs maka perlu dijelaskan jawaban no 2 dan no 5, karena tidak ada satupun mhs yang menjawab dengan benar. Untuk Soal lainnya, silahkan ditanya kepada teman yang menjawab benar.

Jawaban no.2:
a) dua kejadian dikatakan mutually exclusive jika terjadinya kejadian yang satu menyebabkan tidak terjadinya kejadian kedua. Contoh: pada eksperimen melempar koin satu kali, kejadian muncul muka dan kejadian muncul belakang adalah dua kejadian mutually exclusive.

b) dua kejadian dikatakan independent jika kejadian yang satu tidak mempengaruhi probabalitas terjadinya kejadian yang kedua. Contoh, dalam eksperimen melempar koin dan dadu sekaligus, kejadian muncul muka pada koin dan muncul angka 5 pada dadu adalah dua kejadian yang independen.

Jawaban no.5: pertanyaan a) dan b) merupakan dua kasus yang saling komplementer, artinya jika tidak kasus b) maka a), begitu juga sebaliknya. Coba perhatikan kasus b), misalkan E: kejadian dimana tidak ada orang yang stop bersamaan:
Setiap orang memiliki 7 cara berhenti. Karena ada 5 orang maka ruang sampelnya adalah sebanyak 7^5. Agar tidak ada dua orang stop bersamaan maka banyak kejadian yang mungkin adalah 7 x 6 x 5 x 4 x 3. Artinya orang pertama ada 7 kesempatan stop, orang kedua ada 6 kesempatan,dan seterusnya orang kelima ada 3 kesempatan stop. Jadi P(E)=(7x6x5x4x3)/(7^5). Sedangkan untuk a), peluangnya adalah 1-P(E).

Nilai UAS akan diumumkan dalam waktu dekat ini. Hasil ujian akan dikirimkan ke Fakultas; dapat diambil Senin besok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: