solutions of novel problem in logic

u/mhs kuliah logika matematika, fondasi matematika

Soal logika yang berbentuk cerita dan penalaran sangat sulit untuk dipahami dan diselesaikan mhs. Berikut contoh dua soal dan penyelesainnya yang dapat dijadikan panduan untuk menyelesaikan soal-soal cerita lainnya:

40. An ancient Silician legend says that the barber in a isolated town shaves those people, and only those people, who do not shave themselves. Can there be such a barber ?

 Maksudnya: Barber (tukang cukur) tersebut hanya mencukur orang-orang yang tidak dapat mencukur dirinya sendiri.

 Penyelesaiannya: Ada 2 kelompok orang pada kota tersebut, yaitu kelompok orang-orang yang  dapat mencukur dirinya sendiri dan kelompok orang yang tidak dapat mencukur dirinya sendiri, Ok!

 Kemungkinan 1. Andai barber tersebut mencukur dirinya sendiri (masuk kelompok 1)

             Maka barber tersebut termasuk kedalam kelompok orang-orang yang mencukur dirinya sendiri. Pada kelompok ini tak satupun orang yang dicukur oleh barber, termasuk barber tersebut di atas. Jadi pengandaian bahwa barber tersebut mencukur dirinya sendiri adalah suatu kontradiksi. Kesimpulan sementara, tidak mungkin ada barber pada kelompok 1.

 Kemungkinan 2. Andai barber tersebut tidak mencukur diri sendiri (masuk kelompok 2)

             Karena barber tersebut hanya mencukur orang-orang yang tidak mencukur dirinya sendiri maka ia mencukur dirinya sendiri (karena masuk kelompok 2), kontradiksi lagi. Jadi tidak mungkin ada barber yang masuk kelompok 2.

 Kesimpulan akhir : Barber demikian tidak mungkin ada.

 Fenomena ini dikenal dengan paradoks tukang cukur  yang pertama kali diperkenalkan oleh  Bertrand Russell in 1918.

 

41. Each inhabitant of a remote village always tells the truth or always lies. A villager will only give a “YES” or a “NO” response to a question a tourist asks. …….

 Maksudnya: Hanya jawaban Yes atau No yang dapat diberikan oleh penduduk desa tersebut untuk setiap pertanyaan yang diberikan oleh pendatang. Ketika seorang pendatang berkunjung ke daerah ini dan bertemu dengan seorang warga di suatu persimpangan (jalan cabang dua, kekanan dan kekiri). Salah satu cabang menuju tempat yang dituju (surga), sedangkan cabang lainnya berujung pada jurang/neraka. Karena tidak tahu harus memilih cabang yang mana maka pendatang tersebut bertanya kepada warga desa yang berdiri di persimpangan jalan tersebut. Tentukan Satu pertanyaan saja yang harus diajukan kepada warga itu sehingga pendatang tersebut dapat memilih cabang yang benar. (Ingat jawaban yang diterima hanyalah YES atau NO).

 Solusi :

 “Jika saya bertanya kepadamu apakah jalan kekanan surga, dapatkah anda memberikan  jawaban YES ?”

 Analisa :

Jika orang tersebut menjawab YES maka pilihlah jalan ke kanan. Sebaliknya jika jawabannya NO, pilihlah jalan kekiri.

 

SUGGESTION: Dibutuhkan kejernihan dan keteraturan pikiran dalam menyelesaikan masalah-masalah logika. Tidak ada jalan lain kecuali belajar mengoptimalkan penggunaan otak, khusus bagi kita-kita yang “pas-pasan”  atau malah sedikit “jongkok” diperlukan upaya belajar ekstra serius.

Satu Balasan ke solutions of novel problem in logic

  1. indra mengatakan:

    (Kemungkinan 2. Andai barber tersebut tidak mencukur diri sendiri (masuk kelompok 2)

    Karena barber tersebut hanya mencukur orang-orang yang tidak mencukur dirinya sendiri maka ia mencukur dirinya sendiri (karena masuk kelompok 2), kontradiksi lagi. Jadi tidak mungkin ada barber yang masuk kelompok 2.)

    sulit di pahami,kenapa pd kmungkinan 2 “barber tersebut tidak mencukur diri sendiri” koq berbeda dgn penjelasannya “maka ia mencukur dirinya sendiri”

    terima kasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: