Untuk Panitia leadership

u/Panitia leadership and management training HMJ Matematika + semua peserta.

Ass Wr Wb

Mohon maaf saya tidak dapat mengisi materi “Implementasi Matematika” pada acara Kalian karena ada urusan penting yang tidak dapat saya tinggalkan. Sehubungan dengan materi ini saya hanya dapat menyampaikan beberapa nilai matematika yang dapat dimplementasikan dalam kehidupan nyata. Matematika adalah ilmu yang berkaitan dengan penalaran manusia, bukan sekedar menghapal rumus atau keterampilan hitung-menghitung. Bila belajar matematika dengan  benar maka nilai-nilai yang dapat diambil, antara lain sebagai berikut:

1. Berpikir logis: kebenaran dalam matematika didasarkan pada kesesuaian dengan logika manusia.   

2. Bertindak sistematis:  Penjabaran apapun didalam matematika tidak dapat dilakukan sembarangan, ia harus diurut berdasarkan hirarki yang benar.

3. Bertanggungjawab: Semua kebenaran pernyataan dalam matematika harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

4. Jujur : Katakan benar untuk setiap kebenaran dan katakan salah untuk setiap kesalahan. Inilah hakikat matematika.

5. Teliti dan teratur : Belajar matematika tanpa ketelitian dan keteraturan tidak akan berhasil. Sebaliknya ketelitian dan keteraturan akan didapat dengan sendirinya jika banyak belajar matematika.

Masih banyak lagi nilai matematika yang sesungguhnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan ini. Bahkan matematika dapat menjadi orang hidup lebih hidup, hidup lebih bermakna, hidup lebih berharta dan berkarya, dan lain sebagainya.

Peran Matematika bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat signifikan. Tidak cukup halaman blog ini untuk menceritakan peran matematika dalam kemajuan IPTEK yang mengubah pola dan gaya hidup umat manusia. Banyak kemajuan dalam teknologi informasi yang berdampak pada semua bidang ilmu dan kehidupan manusia berkembang dari matematika. Salah satunya, sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mengadopsi sistem syaraf otak manusia diformulasikan dalam bentuk matematika, kemudian diimplementasikan menggunakan komputer. Hasilnya, berbagai produk hi-tech diciptakan manusia. Tapi matematika tidak pernah menonjolkan diri; tidak pernah tampak ada matematika pada produk hi-tech tersebut, walaupun sesungguhnya secara implisit kandungan matematikanya sangat banyak. Jadilah Kalian seperti matematika “berperan signifikan untuk pihak lain tapi tidak menonjolkan diri dengan peran penting tersebut”.

Terakhir, selamat beraktivitas semoga sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Kegiatan HMJ seperti ini juga penting karena akan membekali kompetensi soft-skill mahasiswa selain kompetensi hard-skill yaitu menguasai ilmu matematika dengan baik. Kedua kompetensi ini sangat berperan dalam menyongsong masa depan Kalian kelak.

Wass 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: