NILAI UAS Analisis Real I

NILAI UAS_UTS ANALISIS REALI 2011.

Soal ujian yang dikeluarkan seharusnya sulit dideteksi oleh mahasiswa. Tapi pada kuliah ini semua soal yang dikeluarkan ada di buka teks bahkan sudah menjadi tugas sehar-hari mahasiswa. Bahkan saking longgarnya mahasiswa diminta buat soal sendiri dan diajwab sendiri.

Hasilnya sangat MENGECEWAKAN.

Saya amati sebagian besar mahasiswa masih belajar matematika dengan cara menghapal bukan memahami. Akibatnya, soal dan jawaban sendiri tidak beres. Fenomena salah tulis soal, notasi, kata, istilah, notasi, dan lain-lain banyak sekali terjadi. Terlihat sekali kalimat yang ditulis tidak dipahami dengan baik, PARAH.

Kekonyolan berikutnya, banyak mahasiswa yang menjawab 3 soal pada soal kedua paahal hanya diminta salah satu saja. Ini jelas melanggar aturan. Dan lagi, semua jawabannya tidak ada yang beres. Ingat pada matematika tidak ada jawaban pakai PERASAAN, semuanya didasarkan LOGIKA dan aturan main yang sudah baku.

Sudah saya jelaskan bahwa analisis matematika merupakan tubuhnya matematika. Tidaklah sempurna matematika yang kalian miliki tanpa memahami analisis. Karena hasil ujiannya sangat JELEK maka kita perlu introspeksi diri. Saya senantiasa mengevaluasi diri saya sendiri, apakah pembelajaran yang diberikan selama ini sudah memadai atau belum. Untuk materi saya mempunyai visi luas dan jauh ke depan sehingga dapat sejajar dengan standar mahasiswa ideal. Metoda penyampaian dan perangkat pembelajaran terus saya dikembangkan. Tapi saya sangat yakin penjelasan saya cukup sederhana dan mudah dipahami oleh mahasiswa standar, saya dapat buktikan berdasarkan pengalaman mengajar saya selama ini di mana-mana. Evaluasi berikutnya adalah pada diri mahasiswa sendiri. Apakah Kalian sudah melakukan usaha maksimal dalam belajar khususnya pada mata kuliah ini? Berapa jam waktu yang Kalian habiskan untuk belajar mandiri dalam 1 minggu. Berdasarkan uji petik yang sering saya lakukan di kelas, ternyata sebagian besar mahasiswa TIDAK BERBUAT APA-APA dalam satu minggu berkenaan dengan materi kuliah ini, bahkan MENCATAT ULANGPUN TIDAK, MELIHAT ULANG MATERINYAPUN TIDAK. Padahal, intelegensi Kalian tidak begitu tinggi (‘mungkin cukup rendah’). Ingat rumus: IR+MT = GGL. Motivasi yang saya lakukan selama ini sudah sangat luar biasa, tetapi sepertinya saya berhadapan dengan batu yang tidak bergeming.

Apa yang kalian harapkan dari kuliah di perguruan tinggi. Ijazah, gelar sarjana tanpa diikuti dengan pengetahuan yang memadai maka ijazah tersebut hanya menjadi kertas tanpa makna dan gelar hanyalah aksesoris yang tidak menarik.

Khusus mahasiswa berikut agar menghadap saya Selasa besok, di kantor FKIP pada jam kantor karena ada masalah dengan hasil UAS Saudara: Vera Rosifa 08321032, Nia Jiantri 08321045, Rochyatun Azhari 08321075, Khusnul Khuluqi 08321085.

Nilai akhir masih diolah, karena ada komponen presensi dan tugas. Tetapi nilai UAS mempunyai bobot 50%. Jadi kemungkinan besar akan sangat banyak mahasiswa tidak Lulus.

Agar maklum!

Tinggalkan Balasan

