Pengumuman nilai akhir Analisis Real 1 2013

DAFTAR NILAI ANALISIS REAL 1_2013

Nilai mahasiswa pada lembar “TIDAK TERDAFTAR” masih harus kalian urus karena kemungkinan besar nilai tersebut tidak dapat dimasukkan pada SIM-TIK.

Mahasiswa yang belum lunas uang praktikum Aplikom dan praktikum sebelumnya, nilainya tidak akan dilkirim ke BAAK sehingga tidak akan keluar. Keluarnya “E”.

Terkait dengan perkuliahan Analisis Real 1 dan capaian nilai akhir tersebut maka perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pemisahan kelas reguler dan kelas khusus dimaksudkan untuk memberikan kesempatan mahasiswa yang dianggap baik agar dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. Idealnya mereka dalam kelompok ini mempunyai semangat dan standar kompetensi yang lebih tinggi. Oleh karena itu sekitar 25% materi kuliah dan soal ujian di atas kelas reguler. Faktanya, mahasiswa kelas khusus masih belum ideal khususnya dalam semangat dan kultur belajarnya masih tidak berbeda jauh dengan mahasiswa kelas reguler. Harapan saya, kelak ada mahasiswa dari Unmuh Ponorogo dapat bicara di ajang nasional bahkan internasional. Hebat di Ponorogo masih jauh di bawah standar ideal nasional. Acuan kita harus PT papan atas. Jadi jangan mudah merasa hebat, masih perlu dan harus kerja keras untuk dapat bersaing dengan lulusan PT ternama.

Nilai UAS mahasiswa kelas khusus sangat mengecewakan. Nilai UAS yang tertera pada daftar sudah ditambah dengan tugas dan presentasi terkahir “Aproksimasi Fungsi”. Aslinya, lihat pada kertas ujian Anda.

2. Adanya kesamaan ujian kelas reguler dengan soal yang dibahas bersama Mbak Arta dalam tutorial adalah semata-mata kebetulan karena mbak Arta tidak pernah tahu soal apa yang akan dikeluarkan. Namun, beberapa soal diambil dari tugas yang telah diberikan sebelumnya.

3. Kebiasaan belajar mandiri hanya ketika ada tugas atau ketika waktu ujian datang adalah kultur belajar yang sangat jelek dan ini banyak terjadi pada mahasiswa kita. Seandainya setiap habis kuliah mahahasiswa langsung mengulang dan mengembangkan sendiri maka ujian (UTS, UAS) bukanlah sesuatu yang sulit. Faktanya banyak mahasiswa menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal ini tidaklah mungkin karena tidak sesuai psikologi belajar.

4. Masih ada ujian perbaikan (UP) untuk mahasiswa yang belum lulus. Jadwal dan petunjuk pelaksanaannya masih menunggu dari pihak universitas. Khusus untuk Anreal 1, saya akan mengusulkan kebijakan UP yang lebih fleksibel yaitu tetap dimungkinkan mendapatkan nilai A sehingga mahasiswa dengan nilai B dan A- dapat ikut UP. Untuk itu materi UP harus mencakup semuanya (sebelum dan sesudah UTS). Soal ujian dibuat seragam antara kelas reguler dan khusus. Masih sedang saya pertimbangkan untuk membedakan soal ujian untuk mahasiswa mengulang. Karena sulit sekali lulusnya (hampir tidak mungkin) bila soalnya disamakan. Ini sebenarnya melanggar prinsip evaluasi dan idealisme. Tapi mau apa lagi keadaannya sangat memprihatinkan.

Saya hanya berharap semangat saya untuk mengangat harkat dan martabat mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unmuh Ponorogo direspon secara baik oleh semua mahasiswa. Termasuk, perubahan sistem PPL yang telah dirancang dan berbeda dari sebelumnya dan dari prodi lainnya dimaksudkan untuk memberikan pengalaman profesi yang berarti dan agar lebih dihargai oleh sekolah tempat PPL. Suatu saat kelak mahasiswa kita dicari dan dinanti oleh sekolah-sekolah karena terbukti memberikan manfaat nyata bagi sekolah yang menjadi mitra.

Khabar terakhir Mbak Arta diterima dan lulus secara akademik dalam tes seleksi beasiswa DIKTI beberapa waktu lalu pada Jurusan Matematika UGM. Mbak Uki sudah mulai mengikuti matrikulasi di S2 Pendidikan Matematika UNY. Masih banyak kesempatan lainnya di tahun-tahun mendatang baik di dunia kerja maupun beasiswa studi lanjut baik dalam negeri maupun luar negeri. Tapi kesempatan ini hanyalah bagi lulusan yang memenuhi syarat. Kemampuan bahasa Inggris tidak dapat ditawar lagi, sudah menjadi keharusan semua lulusan PT.

Demikianlah agar dapat dimaklumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: